Wednesday, February 13, 2013

Fakta Menarik di Balik Bahasa Dunia

Posted by Unknown | 11:25 PM Categories:


Fakta Menarik di Balik Bahasa Dunia
Berita Terkait

Namun tahukah Anda, terdapat lebih dari 7000 bahasa di dunia ini? Terdapat beragam fakta menarik tentang bahasa di dunia ini sebagaimana dilansir dalam www.bbc.co.uk. Simak yuk.
 
  • 90 persen bahasa di dunia digunakan oleh kurang dari 100 ribu orang saja.

Sebanyak 2200 jenis bahasa berada di benua Asia, sedangkan Eropa hanya memiliki 260 bahasa saja. Situs berita BBC menulis pula, masyarakat yang secara geografis terisolasi justru memiliki kecenderungan untuk mengembangkan semakin banyak bahasa. Misalnya saja Papua Nugini. Negara yang masuk di kawasan Oceania tersebut mengaku memiliki 832 bahasa yang berbeda. Wow!
 
  • Bahasa apa yang paling sering digunakan dalam percakapan?
     
Berdasarkan data The United Nations’ Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) terdapat 12 bahasa yang paling sering digunakan di dunia dilihat dari jumlah penggunanya dan yang menjadi bahasa kedua, yakni Mandarin, Cina, Inggris, Spanyol, Hindi, Arab, Bengali, Rusia, Portugis, Jepang, Jerman, dan Perancis. Nah, bisa jadi masukan bagi Anda untuk mengambil pendidikan bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris ya?!
 
  • Sulit dan mudahnya belajar bahasa kedua bergantung pada bahasa ibu (mother tongue) seseorang.
Semakin dekat bahasa kedua dan bahasa ibunya, seperti kosa kata dan struktur kalimatnya, akan semakin mudah bagi seseorang mempelajari bahasa asing kedua. Misalnya, seseorang dengan bahasa ibu Polandia akan lebih mudah belajar bahasa Cekoslavia daripada bahasa Asia seperti Jepang. Sebaliknya, daripada bahasa Polandia, seorang Jepang akan lebih mudah belajar bahasa Cina atau Mandarin karena lebih memiliki kesamaan linguistik.
 
  • Bahasa asing kedua memiliki banyak manfaat.
Kurang lebih 75 persen populasi dunia tidak berbicara dalam Bahasa Inggris. Padahal bahasa asing menjadi jendela bagi seseorang menjelajahi dunia dengan lebih sukses. Berdasarkan sebuah penelitian, mereka yang berbincang dengan lebih dari satu bahasa di area kerja mendapatkan penghasilan 8 persen lebih banyak. Menguasai lebih dari satu bahasa juga membantu mengatasi penurunan kemampuan otak karena usia.
 
Begitu pentingnya penguasaan bahasa asing kedua, sampai Nelson Mandela pernah mengatakan: “If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his language, that goes to his heart.” Anda akan lebih mudah mempererat sebuah hubungan dengan seseorang ketika Anda bisa berkomunikasi dengan bahasanya.
 
PBB sendiri menggunakan enam bahasa dunia untuk mendukung bsnisnya, yakni Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Cina, Rusia, dan Arab. Sedangkan pada 2010 Uni Eropa meresmikan 23 bahasa yang digunakan di dunia kerja, di antaranya Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia. Bahasa Latin sendiri, di bawah Romawi, pernah menjadi bahasa pergaulan (lingua franca) di seluruh Eropa.

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube