Universal Studio Singapore
Singapura, siapa yang tidak mau berlibur di negara yang satu ini. Banyak tempat-tempat yang bagus yang bisa kita nikmati saat liburan dan pastinya tidak mau ketinggalan berfoto-foto ditempat tersebut. Anda pasti pernah mendengar tempat-tempat wisata Universal Studio, Singapore Flyer, Singapore Zoo, Night Safari, Jurong Bird Park, Science Centre, tempat tersebut merupakan tempat yang ingin Anda kunjungi saat berlibur di Singapura. Namun Anda harus merogoh dalam kocek Anda kembali jika ingin masuk ke tempat tersebut. Di Singapura masih ada tempat-tempat menarik yang bisa kunjungi untuk menghabiskan liburan Anda tanpa dikenakan biaya a.k.a gratis. Liburan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Singapore Botanic Garden, kalau di Indonesia ada Taman Bunga Nusantara atau Kebun Raya Cibodas. Taman ini berada ditengah kota, lokasinya bersebelahan dengan Gleneagles hospital. Buka dari jam 5 hingga jam 12 malam, dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke taman ini. Botanic Garden dengan luas sekitar 64 hektar ini memiliki koleksi tanaman yang lengkap. Tanaman-tanaman yang hampir punah di reservasi disini. Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat piknik, makan siang bersama dibawah pohon rindang. Ketika Anda memasuki Botanic garden, Anda akan disambut dengan pemandangan dari Swan Lake yang tidak jauh dari pintu masuk. Bagi Anda pecinta Anggrek, di dalam taman ini terdapat National Orchid Garden. Namun Anda perlu mengeluarkan $5, bagi pelajar dan yang 60 tahun keatas $1, serta gratis bagi anak dibawah 12 tahun. Buka dari 8.30-19.00. Didepan taman anggrek ini ada toko cinderamata dengan barang-barang menarik untuk oleh-oleh.
Chinatown, bagi Anda yang senang berbelanja ini merupakan surga bagi Anda. Banyak barang-barang khas budaya Cina terdapat ditempat ini. Mulai dari baju khas Cina untuk wanita, dompet, gantungan kunci, tas, payung, hingga obat Cina. Ada pula restoran Chinesse food dengan hidangan-hidangan yang menggugah selera. Jika Anda mencari perabotan rumah tangga dan pakaian harga murah Anda bisa bisa ke ujung jalan, Chinatown Point. Di ujung jalan yang lain, ada Smith street, ada banyak jajanan lezat. Cobalah ke South Bridge Road jika Anda tertarik pada perhiasan-perhiasan emas, ada banyak toko-toko perhiasan di sepanjang jalan. Tempat lainnya yang dapat dikunjungi di daerah Chinatown adalah Kuil Thian Hock Keng,  Pura Sri Mariamman, Smith Street Wet Market, dan Food Street. Chinatown buka jam 11.00-23.00 setiap hari. Kunjungi pula website nya www.chinatown.org.sg
Little India, Anda akan menemukan banyak hal baru disini. Kain sari khas India, emas, bunga, rempah-rempah, buah segar, permen khas India, baju, sepatu, dan masih banyak lagi. Ada Mustafa Centre, menyediakan barang-barang yang lebih murah dibandingkan tempat-tempat yang lainnya. Coba juga kunjungi Tekka Centre di Buffalo road atau lebih dikenal Pasar KK oleh penduduk. Serangoon Road cocok buat Anda yang ingin mencicipi makanan India. Beberapa pusat perbelajaan lain di Little India yang popular adalah Celebration of Arts (temukan barang antik & seni, fashion, perabot rumah, home furnishing, musik, souvenir, buku di tempat ini), Jamal Kazura Aromatics (Anda mencari parfum dengan wangi yang unik atau ingin buat aroma sesuai keinginan Anda, inilah tempatnya), dan Sungei Road Thieves Market (pasar loak terkenal dan terbaik di Singapura baik dikalangan wisatawan atau penduduk setempat).
Haw Par Villa, atau Tiger Balm Garden merupakan taman yang dibangun tahun 1937 oleh pengusaha karismatik sekaligus pendiri perusahaan Tiger Balm, Aw Boon Haw. Taman ini dibangun untuk adiknya, Boon Par, taman ini merupakan perwujudan dongeng rakyat China. Berlokasi di 262 Pasir Panjang Road Singapore, buka dari jam 9.00-19.00, tempat ini merupakan tempat yang sangat unik. Didalamnya terdapat  patung-patung sebanyak dua puluh lima kelompok sebagai replika karakter mitologi Cina, diantaranya Budha Tertawa dan the Goddest of Mercy (Dewa Kasih Sayang), dan Fu Lu Shou (dewa dewi Tao). Ada pula Ten Courts of Hell (Sepuluh Pengadilan Neraka) yang menampilkan sepuluh langkah pengadilan sebelum reinkarnasi.
Itulah beberapa tempat di Singapura yang menarik untuk dikunjungi dan juga gratis. Happy holiday!